Safir Senduk “Asuransi Pendidikan yang baik”

Posted by admin on December 6, 2010 under Uncategorized | Be the First to Comment

Safir Senduk (Konsultan Keuangan Keluarga):
Tentang Asuransi Pendidikan


Pertanyaan:
Salam kenal Pak Safir. Saya ingin menanyakan asuransi pendidikan untuk anak. Sekarang saya berumur 30 tahun dan bekerja di salah satu perusahaan swasta dengan penghasilan Rp 3,2 juta per bulan. Sementara suami, 32 tahun, bekerja dengan penghasilan Rp 6 juta per bulan.

Anak kami yang pertama, 2,5 tahun, sudah mempunyai asuransi Sementara anak yang kedua baru berusia satu bulan, belum memlikinya. Sekarang saya memiliki KPR Rp 2,1 juta per bulan, kemudian asuransi pendidikan anak Rp 300.000 per bulan, dan kebutuhan sehari-hari Rp 3 juta. Mohon bantuan Pak safir, berapa kira-kira angsuran yang masuk akal untuk asuransi pendidikan anak yang kedua. Kemudian pengaturan keuangan seperti bagaimana yang baik untuk keluarga kami sehingga saya juga masih bisa menabung untuk investasi.

Jawaban:
Pertama-tama yang perlu kita pikirkan adalah apa sebenarnya fungsi investasi dan apa fungsi asuransi. Lalu setelah itu pikirkan juga keperluan anda atau keluarga anda untuk memiliki salah satu atau keduanya? Oke, coba kita bahas. Investasi selalu diperlukan oleh setiap orang karena tentu saja kita sebagai manusia memiliki banyak keinginan. Padahal -seperti yang kita tahu- yang namanya uang ngga selalu lancarkan? Kalaupun uang itu memang lancer, belum tentu uang itu cukup untuk kebutuhan kita di masa depan. Belum lagi jenis keinginan anda berbeda satu dan yang lain.

Makanya dalam investasi kita sebaiknya tidak menabung begitu saja, tapi direncanakan. Seperti tabungan atau investasi ini digunakan untuk apa saja. Seperti tabungan atau investasi ini akan digunakan untuk apa, berapa jumlah yang dibutuhkan, berapa lama waktu nya hingga investasi apa sih yang kira-kira cocok untuk tujuan tersebut.

Terus, bagaimana dengan asuransi? Apa fungsinya? Nah, asuransi ini fungsinya adalah perlindungan untuk keluarga. Intinya sih untuk berjaga-jaga dan perlindungan. Atau bahasa kerennya adalah untuk meminimalkan atau menghindari resiko. Jadi, belum tentu setiap orang membutuhakan asuransi yang sama.

Misalnya begini :
Saya punya keluarga dan saya harus bekerja agar keluarga saya hidup. Kalau saya tidak ada, keluarga saya tidak berpenghasilan lain. Jadi saya butuh asuransi jiwa. Jadi bila saya meninggal, keluarga saya bisa memanfaatkan asuransi jiwa itu untuk menutup biaya hidup. Tapi bagaimana kalau saya ternyata sudah punya asuransi jiwa dari kantor dan ternyata jumlahnya sudah cukup? Ya kalau begitu saya tidak perlu tambahan asuransi jiwa lagi.
Sekarang mudah-mudahan anda bisa mengambil langkah untuk memilikirkan kembali tujuan pendidikan anak anda yang kedua. Misalnya dimana akan bersekolah, setinggi apa sekolahnya, biayanya berapa hingga kapan mulai bersekolahnya. Lalu evaluasi juga, asuransi apa saja yang dibutuhkan keluarga, terutama anak anda?

Kalau sudah, anda bisa mulai memilih produk baik investasi atau asuransi yang kira-kira sesuai dengan tujuan pendidiakan anak kedua anda. Kalau masalah kondisi keuangan, saya kira masih cukup baik kok. Anda masih bisa menyisihkan lebih dari Rp 3,5 juta perbulannya dan jumlah utang anda juga masih dalam batas normal. Kalau cukup tidaknya tabungantersebut untuk pendidikan anak kedua, itu tergantung tujuan dan rencana detail pendidikan anak anda nanti. Nah semoga cukup membantu.

(Koran Sindo, Minggu 15 Maret 2009)

Seputar Asuransi Kesehatan:

safir senduk (586),asuransi pendidikan yang bagus (113),asuransi pendidikan anak yang bagus (59),asuransi paling bagus (42),asuransi pendidikan (27),tabungan pendidikan yang bagus (21),asuransi yang bagus untuk anak (19),asuransi anak yang bagus (17),asuransi pendidikan dan kesehatan anak (15),safir sanduk (14),asuransi pendidikan yang baik (14),asuransi pendidikan yg bagus (12),asuransi pendidikan yang bagus untuk anak (10),konsultan asuransi (10),konsultasi keuangan safir senduk (3),asuransi pendidikan apa sih yang bagus (2),konsultasi safir senduk (1),mana lebih baik asuransi atau tabungan pendidikan menurut safir senduk (1),rekomendasi asuransi pendidikan anak yang bagus (1),rekomendasi tabungan pendidikan terbaik (1),safir senduk menyarankan agar tiap keluarga memiliki asuransi (1),konsultasi keuangan tabungan atau asuransi pendidikan (1),konsultasi keuangan safir ssnduk (1),konsultasi keuangan keluarga safir senduk (1),konsultan keuangan safir senduk (1),konsultan keuangan safir (1),cara menabung ala safir senduk (1),biaya konsultasi safir senduk (1),asuransi pendidikan yang paling baik (1),asuransi pendidikan apa sih yg bagus (1),apa fungsi senduk (1)

Add A Comment